15 April 2010

Landscape of West Sumatra Vol. 1

Teman aku nambah lagi, kali ini dari dunia fotografer. Kenalnya lewat Facebook. Aku suka sama hasil jepretannya, makanya aku add. Eh, dianya mau dijadiin teman. Aku kenalan and ngobrol. Sebagian mereka ada yang tergabung sebagai dalam thePATIAKers Genk Fotografer Sumbar.

Meski nggak begitu ngerti sama fotografi, tapi aku ngerasa bangga aja, mereka motret landscape di Sumatera Barat. Semuanya indah-indah. Makanya aku tertarik buat menuliskan latar dari foto-foto tersebut. Sekalian ngenalin Indahnya Ranah Minang pada teman-teman semua.


paralayang di Puncak lawang, dengan latar Danau Maninjau

Puncak-Lawang adalah suatu daerah yang terletak di Kabupaten Agam, sering digunakan sebagai tempat diselenggarakannya kejuaraan olahraga paralayang internasional. Menurut para penggemar paralayang, Puncak Lawang merupakan lokasi terbaik di Asia Tenggara untuk olah raga tersebut. 

Di atas puncak yang berketinggian ± 1.210 m di atas permukaan laut, kita dapat menikmati keindahan kawasan Danau Maninjau dan Samudra Indonesia. 

Untuk mencapai kawasan Puncak Lawang, kita akan melewati perjalanan dengan 44 belokan. Itu sebabnya rute ini dinamakan Kelok Ampek Puluah Ampek, yang dalam bahasa Indonesianya tikungan 44. 
Danau Maninjau nan sepi
Danau-Maninjau merupakan danau vulkanik, luasnya sekitar 99,5 km². Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai dinding. 

Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak. 

Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. 

Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka pengunjung akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau. 
 Cubadak Islan nan hijau

Pulau cubadak atau Cubadak Island adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, yang telah dikenal  hingga ke mancanegara. 

Pulau Cubadak menawarkan keindahan wisata bahari yang sangat memukau dan tidak kalah dari objek wisata lainnya. Pasir pantai di pulau ini berwarnah putih dengan air laut yang juga sangat bersih dan tenang. 

Di pulau ini terdapat sejumlah penginapan yang didesain alami dan menyatu dengan alam. Pengunjung pulau cubadak kebanyakan wisatawan mancanegara yang berasal dari negara eropah. Pengelola pulau cubadak menetapkan tarif 150 dollar atau sekitar 1 juta 5 ratus ribu rupiah satu malam untuk satu orang. Pulau dengan luas 16 koma 5 hektar, saat ini dikelola warga negara Itali dengan sistem kontrak selama 40 tahun.

Untuk bisa sampai ke Pulau Cubadak,  harus menggunakan kapal wisata sekitar 15 menit dari pelabuhan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Perjalanan selama 15 menit, tidak akan membosankan karena banyak keindahan alam yang bisa dinikmati dari atas kapal.
 
 Puncak gunung yang misterius
Gunung Singgalang merupakan sebuah gunung yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, Indonesia dan mempunyai ketinggian 2,877 meter. Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Dari bentuknya, gunung ini sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga itu dinamai Telaga Dewi. Singgalang sudah tidak aktif lagi dan hutannya sangat lembap karena kandungan air yang banyak.


...be continue...

7 komentar:

Tyas mengatakan...

Mhhh...Indahnyaaa...
Keren banget fotonya..

inge / cyber dreamer mengatakan...

waaaaah...
kereeeeen ^^

Mauren mengatakan...

Wah, daku pengen ke danau itu. Sejuk banget kesannya :)

ika_SweetyOrange mengatakan...

subhanallah Wit, indah skali..(^_^)

Aishi Lely mengatakan...

Maha Besar Tuhan menciptakan keindahan alam dan fotografernya yg pandai mencari view yg ngena...^^

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******


Teman. Cosmorary.com dihack. Saya tidak bisa masuk ke dashboard saya.
Sepertinya password sudah diganti sama yang nghack.
Jiks...BIngung mau gimana...
Dan yang lebih parah lagi...SEMUA articles saya hancur berantakan, check COSMORARY.com
ARTIKELNYA semua berubah dalam bahasa INGGRIS yang hancur sekali GRAMMARnya....
Phew.....
Tapi, saya sudah melaporkan ke pihak yang berwajib
Proses mungkin membutuhkan minimal 3 hari-2 minggu.
Tapi saya bakal tetep blogwalking,
dan mohon saya tunggu blogwalking teman2 ke Cosmorary.com ya...
Walaupun di hack....
Ya sembari menunggu proses selesai.


-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

Pit mengatakan...

Aq sudah pernah, melihatnya, berjalan hingga ke puncaknya, ^_^ memang indah, sangat indah. Telaga Dewi, begitu mempesona. Sebagian orang menyebutnya "Ibu Dewi"