13 Desember 2009

Breakdance n My B-boy

Sering lihat parade band or event-event kayak Djarum Black Night Slalom, atau event Djarum Black lainnya? Pasti pernah dong ya. Trus pernah pernah juga nggak lihat anak-anak muda yang jungkir balik and lompat-lompat nggak jelas itu.

Kalo pernah, kamu jangan heran, mereka itu adalah para breakdance yang lagi menari, breakdance namanya.

Nah, karna aku pernah punya ngebetan seorang breakers, sedikit banyaknya aku tahu deh dengan tarian itu. Dan kali ini aku pengen berbagi dengan kalian.

Pertama-tama kita harus mengenalkan dulu, apa itu breakdance.

Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop diantara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance.

Kalo kamu sering terkagum-kagum sama gerakan jungkir balik ala breakdance, itu karna gerakannya bermacam-macam, nggak jarang juga mereka memadukan gerakan senam, balet, robot, bahkan beladiri. Ada beberapa gerakan juga sebagai pembuka, pemanasan dan penutup.
  • Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. 
  • Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;
  • Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power move, breaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari Winmill, Swipee, dan Flare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti butterfly kick.
  • Frezee adalah menahan gerakan dengan pose yang bagus. Semakin sulit freeze, membutuhkan kekuatan tubuh breaker untuk menahan dirinya, dengan pose seperti Handstand .
  • Suicide adalah tarian penutup sebagai kebiasaan breaker. Breaker akan membuat dirinya terhilat kehilangan kendali dan jatuh dengan punggung, perut, dll. Semakin sakit penampilan suicide terlihat, semakin bagus tarian tersebut, tetapi breaker akan melakukannya dengan sebuah trik untuk mengurangi sakit. Biasanya tarian ini juga digunakan untuk menarik penonton setelah gerakan freeze.
Trus, jangan heran juga kalo melihat breaker beraksi, kamu jadi ikut-ikutan menggerak-gerakkan badan dan mengangguk-anggukan kepala. Musik-musik dengan irama break beat merupakan menu wajib di sini, yaitu dengan campuran musik-musik lain seperti Jazz, Soul, Funk, Elecktro, Elektro Funk, Disco, Hip Hop, sampai R & B. Musik-musik ini tidak dibiarkan murni begitu saja, karena ada DJ yang bertugas mengolah musik tersebut sehingga akan terdengar sangat serasi dengan gerakan-gerakan yang ada.

Lah, trus apa juga yang membuat aku kecantol sama salah seorang breaker itu? (hehe...). Jawabannya cuma satu. Style nya keren. Menurut mereka fashion merupakan identitas diri mereka sendiri.  Dan  brand-brand ternama selalu menjadi andalan mereka. Selain memiliki tingkat kelenturan yang sangat nyaman juga cukup menunjang mereka dalam melakukan gerakan-gerakan pada tarian ini. 

Selain fashion, ada juga sih atribut tambahan yang bikin mereka terlihat keren, berfungsi juga sebagai pelindung dalam melakukan gerakan-gerakan yang cukup extreme. Headwear seperti helm skateboard atau topi menjadi pelindung kepala mereka ketika melakukan gerakan headspins (berputar dengan kepala sebagai tumpuan dan kaki diatas). Selain itu bandana yang mereka kenakan pada kening mereka juga berguna untuk menahan rambut sehingga tidak menutupi mata ketika sedang menari.

Jika pada umumnya kita melihat dandanan para b-boys sangat mirip dengan dandanan para jamers atau skateboarder, kamu tidak perlu heran jika melihat para b-boys dengan dandanan ala punk atau gothic sekalipun, karena sebenarnya hal itu sah-sah saja, karena fashion-lah yang menjadi identitas mereka.

Menari Breakdance memang tidak mudah, karena banyak sekali resiko cidera yang terjadi. Bagi seorang pemula, mereka harus berlatih dibawah pengawasan profesional. Kadang kala terlalu banyak berlatih, juga menimbulkan resiko cidera. Uh...ribet juga ya. Tapi memang, disamping membutuhkan kekuatan, kreatifitas, menari juga butuhkan kedisiplinan.

Makanya aku berharap generasi-generasi muda bisa menyalurkan kreatifitasnya pada hal-hal yang positif.  Salah satunya ya, dengan breakdance ini. Siapa tahu, ntar kamu bisa jadi penari yang hebat, atau kolaborasi bareng Ne-yo, Chris Brown, dan DJ terkenal. Who Knows ? Menari bukan cuma dunia cewek kan? 

Ya sudah, menceritakan breakdance lebih detail membuat aku semakin merindukan sosok maskulin yang mengisi hari-hari ku beberapa tahun silam. Uh...sayangnya sekarang itu semua tinggal kenangan. 

I miss u honey. Mungkin dengan menulis ini bisa sedikit mengobati rasa kangen. 

***

9 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kereen...sayang gak bisa nyoba. udah ketuan soalnya.ehhee

pelangi anak mengatakan...

JADI NIH CERITANYA SEDANG CURHAT TENTANG SESEORANG YANG PERNAH SINGGAH DI KEHIDUPAN MBAK YA....CIEH..MEMORI YANG BERSEMI KEMBALI DALAM INGATAN, HINGGA MENJADI TULISAN.

BTW, JADI HARUS SEIMBANG YA ANTARA BERLATIH UNTUK PEMULA DENGAN BERLATIH UNTUK YANG UDAH PROFESIONAL.

ALRIS mengatakan...

Salam kenal yo, uniang. Sapangkek awak baraja manari digalakkan urang, hehehe...

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

wah, ternyata sulit ya wit jadi streetdancer..
kl gitu ngga jadi belajar itu ah.. hahaha..

*pohon mengkhayal

Alil mengatakan...

"Menari bukan cuma dunia cewek kan?"
bener banget wit...
alil juga seneng dance.. walo bukan break dance..
hehehe

*emang alilnya aja yg binan...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

jadi inget waktu kuliah dulu,... sempet masuk klub break Dance...

DESFIRAWITA mengatakan...

@ mbak fanny :
iya, coba kalo dari dulu kita belajar breakdance, pasti keren tu
hehe

@ pelangi anak :
hehehe...ya begitu lah

@ pohon :
ye, kalo suka kenapa nggak belajar
kayaknya asik juga tuh
tapi sayang, badan ku udah kaku semua, sekali gerak tulangnya langsung keropos
hehehe

@ alil :
wah, alil ternyata juga suka nge-dance
yuk, dance with me

@ setiawan dirgantara :
wah, ternyata si mas gaul juga
breaker juga ternyata

ajenk mengatakan...

waaa....ngeliat break dance emang keren apalagi kalo udah battle woooooww...mantaaabb...!! ^^

DESFIRAWITA mengatakan...

@ alris :
hehehe...iya ya, lah gaek2 ko baa kabaraja manari lai
salam kenal dari cuniang yo

@ ajenk :
hehe...emang mantap, jenk
coba kalo kita bisa juga kayak gitu :p