15 Desember 2009

Review : Bacaan Ku di 2009

 Dapat buku gratisss?? Wuhaaa...siapa yang nggak mau. Tawaran yang menarik dari Bramasole-Menanti Matahari. 

Syaratnya gampang kok, aku cuma tinggal nyebutin buku yang pernah aku baca, trus sekalian sama quote yang paling menarik. 

Hmm....kalo soal baca buku, aku suka banget, selain bisa buat nambah wawasan, juga bisa nyegarin otak. Refresh kalo bahasa asingnya. Hehehe...

Ada beberapa buku yang udah aku tuntasin baca dalam 2009 ini. Ya, meskipun nggak semua buku baru, tapi bolehlah buat dijadiin kebanggaan. Ini nich, beberapa buku yang sudah aku baca, barangkali ada yang belum kamu baca, bisa juga tuh buat nambah referensi :
  1. Taj Mahal. Penulis John Shors. Menceritakan tentang kisah cinta abadi dibalik pembuatan Taj Mahal. 
  2. Perempuan Suci. Penulis Qaisra Shahraz. Kalo yang ini berkisah tentang pengabdian, pengorbanan dan cinta oleh seorang perempuan Pakistan.
  3. Totto Chan-Gadis Cilik di Balik Jendela. Penulis Tetsuko Kuroyanagi. Mengisahkan tentang gadis kecil aktif dan penuh ekspresi, lengkap dengan sekolahnya yang unik. 
  4. The Davinci Code. Penulis Dan Brown
  5. Digital Fortress. Penulis Dan Brown. Kalo baca buku-buku karya Dan Brown pasti deh penuh dengan misteri dan rasa penasaran. Endingnya selalu mengejutkan pembaca. Buat sebagian orang,  buku karya dan Brown ini cukup berat dan terlalu pelik, tapi cukup memancing rasa penasaran untuk membacanya.
  6. Anne Frank : Diary of a Young Girl. Buku ini adalah catatan harian Anne Frank selama negaranya dalam pendudukan Nazi. Catatan Harian ini mengungkapkan impian-impian, kegetiran hidup, perjuangan, dan emosi. Membaca buku ini, kamu akan kembali berkelana pada masa penjajahan nazi beserta kekejamannya. Dari buku ini kita bisa belajar betapa pentingnya arti kemanusiaan di dunia ini.
  7. Kucing (Me)lulu dan Cerita Cinta. Penulis Widya Octavia. Nah, kalo isi novel yang ini pasti deh sering banget kamu alami. Kamu bakal ngelakuin apa aja buat cowok yang kamu suka, termasuk memelihara binatang yang kamu benci. Buat pecinta kucing, novel ini bisa juga buat nambah pengetahuan kamu tentang makhluk menggemaskan itu. Coba deh kamu baca, pasti bakal asik banget.
  8. Liar. Penulis Tessa Intanya. Menceritakan tentang kehidupan seorang pembalap liar, lengkap dengan musuh dan gimana pentingnya persahabatan. 
  9. Di Atas Sajadah Cinta. Penulis Habiburrahman El Shirazy. Semua kisah dalam buku ini mengisahkan cinta, cinta yang sangat suci dengan mengharap ridha dan pahala dari Allah. Aku suka banget sama kisah cinta yang satu ini dan quote yang paling ku suka dari cerita ini adalah : "....Tidak mudah meraih cinta berbuah pahala. Namun aku sangat yakin dengan firmannya : "Wanita-wanita yang tidak baik adalah untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah buat wanita-wanita yang tidak baik (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka. Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (yaitu surga).”Karena aku ingin mendapatkan seorang bidadari yang suci dan baik maka aku akan berusaha kesucian dan kebaikan. Seanjutnya Allahlah yang menentukan......"
  10. Mimpi Bayang Jingga. Penulis Sanie B. Kuncoro. Ini buku menurut aku bangus banget. Banyak kata-kata indah bertebaran. Rasanya nggak cukup baca sekali buat memahaminya isinya, soalnya sastra banget. Tapi aku yakin, banyak juga yang suka buku ini. Eya, di sini endingnya mengejutkan lho...
  11. The Kitte Runner. Penulis Khaled Hosseini. Ini buku yang aku baca terakhir kali. Belum selesai sih, cuma ini buku mengesankan banget. The Kite Runner adalah sebuah kisah penuh kekuatan tentang persaudaraan, kasih sayang, pengkhianatan, dan pederitaan. Khaled Hosseini dengan brillian menghadirkan sisi-sisi lain dari Afghanistan, negeri indah yang hingga kini masih menyimpan duka. Tetapi, bahkan kepedihan selalu menyimpan kebahagiaan.

Itu beberapa buku yang udah aku baca. Banyak lagi sih yang lainnya, komik, novel, tapi aku lupa judul dan penulisnya.

Nah, ini dia nich buku yang paling memotivasi aku. Menurut aku, ini buku kudu dibaca banyak orang, bukan cuma kisahnya, tapi pesannya, Uhh....ngena banget. Dijamin deh, sehabis baca buku ini, kamu bakal termotivasi jadi pemimpi atau pengen keliling dunia? What ever lah, yang pasti baca ini dulu ya :
  1. I can (not) hear. Penulis Feby Indirani & San c. Wirakusuma. Mengisahkan tentang perjalanan seorang anak tuna rungu menuju dunia mendengar. Novel ini mengesankan banget, apalagi buat seorang ibu, pasti deh bakal suka. Quote yang paling aku suka yaitu : "..Jika keajaiban tak kunjung datang, berarti tugas kita lah untuk mencari sendiri dan memperjuangkannya...". Aku suka banget sama kalimatnya, pernah beberapa kali dijadiin status di facebook, dan ternyata juga banyak yang suka.
  2. Sang Pemimpi.  Penulis Andrea Hirata. Nah, kalo yang satu ini, semua pasti tahu deh. Apalagi sekarang lagi heboh-hebohnya. Udah dijadiin film juga. Aku bacanya baru-baru ini. Saking hebohnya, aku jadi tertarik. Ternyata memang menarik. Kayaknya yang jadi sang pemimpi nya itu, aku banget deh. Hehehe...Ternyata sebuah mimpi itu, punya kekuatan juga, asal kita mau berusaha nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Aku suka banget sama kalimat "...Aku masih seekor pungguk buta dan mimpi-mimpi itu masih rembulan. Namun sebenderang rembulan dini hari ini. Mimpi-mimpi itu masih bercahaya dalam dada ku..."
  3. Negeri Van Oranje. Penulis Wahyunigrat, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana, Adept Lenggana. Aku sukaaaaaa banget sama buku ini. Membaca buku ini, serasa menjelajahi belanda. Terasa nyata banget, meski belum pernah ke sana. Membuat kita ingin segera terbang ke negeri kincir itu. Persahabatan, cinta dan cita-cita. Komplit deh. Nah, kalo quote yang aku suka dari buku ini yaitu : "...ternyata rasa nasionalisme itu lebih terasa kalo lagi di negeri orang...". Trus sama pertanyaan "untuk apa pulang ke Indonesia?" Emang perlu dipertanyakan tuh, buat apa kuliah jauh-jauh di negeri orang, kalo nggak ada sumbangsihnya buah negara. 
  4. Negeri 5 Menara. Penulis Ahmad Fuadi. Kalo banyak yang penasaran gimana kehidupan di pondok pesantren, buku inilah jawabannya. Semua mengisahkan bagaimana kehidupan di sana. Dan jawabannya jauh dari bayangan kita selama ini. Nggak jauh beda sama sang pemimpi ataupun negeri van oranje. Buku ini menceritakan tentang kekuatan sebuah mimpi dan cita-cita. Dari balik kehidupan pondok pesantren yang misterius, ternyata bisa juga melihat dunia luar. Yang paling menarik dari buku ini adalah mantranya yang manjur banget "Man Jadda Wajada", siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Aku yakin, setelah baca buku ini pasti deh kamu nggak bakal bisa tidur saking puasnya berpetualang dengan cerita ini. Nah, kalo buat kamu yang orang Minang (Sumatera Barat), pasti deh bangga banget bisa melihat sisipan budaya kita di sini. Apa lagi penulis adalah "rang awak". Akankah dia bakal jadi the next "Buya Hamka"? Who knows? Yang pasti Kamu kudu baca buku ini dulu.
So, sekian dulu deh, review bacaan ku di 2009. Semoga kamu tertarik untuk serta membacanya. Ini bukan promosi lho, bukan juga cuma pengen buat dapat hadiah. Ini memang keinginan buat kasih referensi buat kamu yang hobby baca. Kali aja tertarik sama salah satunya.

Pesannya hanya ingin meningkatkan budaya baca. Siapa tahu, dengan rajin-rajin baca, buku aku-kamu yang akan jadi best-seller. Siapa tahu, bukankah tak ada yang tak mungkin di dunia ini?

Oh iya, buat anak-anak Black comunity boleh dong sekali-kali baca-baca biar ilmunya nambah, bukan cuma berkutat sama motor aja. Hihi...Ini termasuk black in new juga nggak ya?
---

5 komentar:

Sari mengatakan...

Aku malah lupa, buku apa aja yang udah kubaca tahun ini hehehe :P

Unknown mengatakan...

wah, jadi penasaran nih dg bberapa buku yg kamu baca.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Wouw,... banyak bennar bacaannya mbak...
aku jadi penasaran kepingin baca juga.

Sory banget baru sempat mampir.

De mengatakan...

@ sari :
wah..pastinya banyak tuh, makanya jadi lupa
:p

@ sang cerpenis :
hehehe...silahkan aja baca
percaya deh, cerita2nya inspiratif banget. seru deh buat kamu yang penulis

@ seti@wan Dirgant@ra :
hehehe...penasaran??
silahkan baca. dijamin seru...

sering2 mampir yaaaa

Unknown mengatakan...

hai hai..

makasii ya udah berkunjung n follow..

btw..follownya mana ya disini??

i cant see??^_^