08 Januari 2013

Napak Tilas-Ke Rumah Bung Hatta

Saya tidak pernah merencanakan tahun baru kemana. Bikin acara apa. Sejak kecil saya hanya menikmati pergantian tahun dengan memandang langit malam. Memandang bintang-bintang. Membayangkan kembang api bercahaya di langit malam. 

Pernah sih, satu kali saya ikut merasakan moment tahun baru dengan mendaki Gunung Marapi. Menikmati sunset pertama di bulan Januari dari puncak gunung. Itu adalah hal paling luar biasa yang pernah saya rasakan. Bagaimana tidak, tanpa perencanaan. Tanpa tahu medan, tahu-tahu saya sudah berada di cadas--ikut bergerak bersama pendaki-pendaki lainnya. It's a greats moment. Saya merasa seperti sang petualang sejati.

Tahun ini, saya tidak merencanakan kemana-mana juga. Namun dikarenakan liburan cukup panjang, saya terpaksa harus merencanakan perjalanan juga. Ya, saya sedang jenuh dan ingin bersenang-senang. Jadilah, pada tgl 31 Desember saya dan teman-teman "kabur" ke luar kota untuk merefreshkan otak. Tidak jauh sih. Bukittinggi menjadi tujuan perjalanan kami.

Well, dikarenakan perencanaannya mendadak, jadi kami tidak punya tujuan kemana di Bukittinggi itu. Semua tempat rasanya sudah kami jelajahi. Hmm...Oh, ada. Rumah Kelahiran Bung Hatta. 

Iya, kami penasaran sekali ingin berkunjung ke sana. Ya, sekedar napak tilas pada sejarah Indonesia. This the picture: 

Kalo gak narsis di dekat papan penunjuk, gak seru ya? :)

Mengisi buku tamu

Ruang tamu

Foto-foto bercerita tentang sejarah

Berpose di depan Foto Pak Hatta

Saya mencoba menjadi guide :)

Catatan tentang seorang tokoh proklamator Indonesia

Bersama Ibu Desi--Pengurus Rumah kelahiran Pak Hatta





Saya tidak pandai bercerita mengenai Pariwisata apalagi Sejarah. Tapi mudah-mudahan foto-foto ini bisa menceritakan kepada kalian, bahwa napak tilas itu menyenangkan disamping bisa menambah pengetahuan. Sebagai generasi muda, tentunya kita perlu mengetahui apa yang terjadi dimasa lalu sebelum melanjutkan hidup membangun masa depan. 

Kalo kalian ingin berkunjung ke sini, cukup datang saja ke Kota Bukittinggi (Jam Gadang), dari sana kalian bisa mencari alamat :

Jl. Soekarno Hatta No. 37
Kelurahan Aur Tajungkak Tengah Sawah,
Kecamatan Guguh Panjang, Kota Bukittinggi
Sumatera Barat
Telp. 0752-644488

atau kalo kamu tahu Pasar Bawah (Pasar Banto) Bukittinggi, letaknya nggak jauh-jauh kok dari sana. Kamu cukup tanya saja orang yang lewat. 

Jadi selamat berkunjung ya. 


1 komentar:

Slamsr mengatakan...

sek aseeekkk
sekilas tadi aku kirang bung karno..
nek di salatiga disini ada rumah istirnya bung karno (salatiga)