25 Januari 2010

Bangunan Evakuasi di Padang

Kemarin nonton berita Ranah Minang, di salah satu stasiun TV lokal. Katanya Padang mau bikin Shelter buat evakuasi kalo-kalo terjadi tsunami.

Yach, kalian tahu lah gosip-gosip yang marak belakangan ini, yang bilang bakal terjadi gempa besar disertai Tsunami di Pantai Barat Sumatra. Benar nggak benar berita itu, tentunya kita tetap waspada dong.

Nah, berkaca sama yang terjadi di Aceh dan gempa Sumatra tahun lalu, pemerintah Sumbar mesti siap-siap dong. Makanya direncakan akan dibangun shelter ini.

Penasaran sama shelter itu, (hihihi...kayaknya aku always penasaran deh) akhirnya aku nyari-nyari berita lengkapnya. Nah, dari info yang aku dapat, shelter (penampungan) itu akan dibangun di atas gedung-gedung sekolah, untuk tempat evakuasi warga Kota Padang yang tinggal ditepi pantai, saat menghadapi ancaman tsunami.

Pembangunan Shelter ini diusulkan akan dibangun di sepanjang kawasan pantai, mulai dari Pantai Padang, Purus, Ulak Karang, Air Tawar hingga Lubuk Buaya. Nantinya shelter ini akan dibangun menyatu dengan bangunan sekolah dan pasar agar lebih efesien. You know lah, akibat gempa tahun kemarin, banyak sekolah-sekolah di Sumbar mengalami kerusakan. Makanya saat dibangun lagi nantinya sekolah ini akan dibuat bertingkat tiga. Lantai 1 dan 2 untuk ruang kelas, sedangkan lantai 3 untuk shelter.

Rencananya, setiap shelter nantinya akan dilengkapi fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), genset, sarana telekomunikasi dan helipad sebagai landasan bagi helikopter, penyuplai makanan dan obat jikalau terjadi tsunami. Wow, keren nggak tuh. ^_*

Memang sih, pembangunan shelter ini bakal ngabisin dana milyaran rupiah, tapi Pemerintah setempat udah menyisahkan dana buat pembangunan ini. Yach...semoga saja nggak ada kong kalingkongnya...

Berharap deh, shelternya bisa segera selesai. Biar warga punya tempat yang aman buat evakuasi. Buat ku ini ide, wow banget. Dari pada berebut ngungsi ke perbukitan yang malah bikin jalanan macet, mending naik ke shelter kan bisa sedikit mengurangsi resiko.

Yupz...cuma bisa berharap. Semua itu kuasa Allah. Kalo Dia menginginkan, pake cara apa pun, tetap aja kita nggak bisa ngindari bencana. Tapi paling tidak, ini adalah usaha. Bukan kah Allah, menyukai orang-orang yang mau merubah nasib.

Sekian berita hari ini. Nantikan informasi selanjutnya pada blog yang sama. Hihi...

6 komentar:

NaiCaNa mengatakan...

informasi yg bagus neyj k'. Semoga bisa terealisasikan ide ini. :)

Siee Dudulzz.. mengatakan...

Setujuu..moga-moga g ada kongkalikong mengenai dananya.. *kebiasaan*

Smoga pembangunan shelternya bisa berjalan dengan baik... Aminnn..

DESFIRAWITA mengatakan...

@ naicana & siee dudulz :
yap, semoga saja
aminnn...

Alil mengatakan...

thanks infonya wit..
seneng liat ada perubahan di ranah minang...

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

setuju ma yg lain.. info yg mantabh wit.. hehe..
semoga bisa terwujud ya.. :)

DESFIRAWITA mengatakan...

@ alil :
yupz...ini berita dari ranah minang yang sedang bangkit
hehe..

@ pohon :
amiin...
semoga benar2 terwujud