24 Januari 2010

Maskot Piala Dunia 2010


Waaaaah...minggu yang ceria nich. Seceria hati ku kini. Hehe...nggak tahu kenapa, rasanya fresh and semangat aja, soalnya tadi pagi habis maraton bareng Ni Gis. Pengennya sih ikut senam pagi sekalian di alun-alun kota Pariaman, tapi sayangnya kami lagi malas, makanya kami milih bertapa aja di tepi Pantai. Menikmati suana pagi yang segar, melihat para nelayan yang pulang nangkap ikan. Ketika perahu mereka menepi, orang-orang udah pada nungguin lho. Memborong ikan-ikan segar tentunya.

Hmm...kali ini aku mau bikin postingan tentang piala dunia lagi. Yach...aku lagi semagat-semangatnya nich ngomongin bola. Hehe...Oh iya, kemarin ada yang nanya (Siee Dudulzz). Boneka atau Maskon Piala Dunia 2010 sekarang apa? Penasaran, aku cari tahu deh. Nah, ini dia info yang aku copas dari berbagai sumber :

Maskot nya yaitu seekor leopard yang diberi nama Zakumi. Zakumi artinya persatuan Afrika Selatan. "Za" menunjuk kepada Afrika Selatan. Sedangkan "kumi" berarti sepuluh, merujuk kepada 10 bahasa yang digunakan di negara tersebut. Maskot itu didesain oleh seniman Afsel, Andries Odendaal dari Kota Cape Town. Rambut hijau di maskot itu merepresentasikan rumput lapangan sepakbola. 

Menurut Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, maskot tersebut didesain secara eksklusif di Afsel. Dia akan menjadi sejarah, karena Afsel merupakan negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. 
Bagi FIFA, Zakumi akan membantu membawa Piala Dunia 2010 di Afsel lebih besar, menyenangkan, dan tak terlupakan. Dia juga akan menunjukkan kepada ribuan orang yang akan datang ke sana tentang kehangatan Benua Afrika.

Mantan bintang Afsel, Lucas Radebe mengatakan, "Zakumi ingin menciptakan suasana hati baik kepada suporter dan membuat turnamen menjadi menyenangkan. Apalagi, ini turnamen besar pertama di tanah Afrika. Dia membawa kebanggaan Afrika dan ingin memastikan kepada dunia untuk datang ke Afrika Selatan,"

FIFA memperkenalkan maskot Piala Dunia sejak 1966 di Inggris. Maskot pertama itu bernama Willie. Kemudian ada juga maskot Naranjito di Spanyol pada 1982, Ciao di Italia 1990, dan Footix di Prancis 1998. Di Piala Dunia 2006 di Jerman lalu, maskotnya bernama Goleo. Sayangnya, secara komersial Goleo kurang sukses dan perusahaan yang memproduksinya mengalami kebangkrutan.

Nah, buat kamu-kamu yang pingin ngoleksi si Zakumi, ada baiknya kalian memesannya dari sekarang. Sebelum kehabisan menjelang piala dunia 2010.

Okeh...sekian dulu info hari ini. Met Weeked aja, selamat bersenang-senang.

7 komentar:

Siee Dudulzz.. mengatakan...

Ihhhh...boneka maskotnya lucuuuu bagetttt... Namanya juga unixx... (harus mulai hunting ney)hehehe..
Nice posting...
Met weekend...

Henny Y.Wijaya mengatakan...

maskotnya lucu, tapi bintik-bintik itu mengganggu banget :( (mungkin maksudnya macan tutul ya??)

Syifa Ahira mengatakan...

pertamaxx..

Syifa Ahira mengatakan...

wiwit beneran nyari info maskotnya.. :D nice info wit.. happy weekend yaw..

Sari mengatakan...

Biarpun ga suka bola, aku tetep pengen punya maskot itu, bonekanya juga gpp. Mau beliin ga, Wit? *dilempar kulkas 3 pintu sama Wiwit*
:P

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

waduuh, asik banget tuh bertapa pagi2 di tepi pantei.. uuh, pengeeen..

infonya mantabh wit.. lengkap nian.. hehe.. suka sepakbola ya wit?

DESFIRAWITA mengatakan...

@ siee dudulzz :
yupz...sama-sama, ini kan berkat ide kamu juga
:p

@ henny :
iya nich, bintik2nya bikin jelek, tapi emang ciri kas macan tutul ya

@ syifa :
happy weekend juga

@ sari :
beliin? boleh
duitnya tinggal transfer kok
hihi...

@ pohon :
yuk, ikut bertapa sama aku kapan2, rutinitas tiap minggu nich...

aku suka bola, tapi bukan gibol
hehe..