03 April 2010

Nulis Yuk!!

"Rasanya saya cukup berhasil, mengingat modal saya hanya setumpuk kertas kosong"
(Steve Martin)

 ---

Belakangan banyak teman-teman yang bilang gini, "Wit, ntar aku belajar nulis sama kamu ya??"

Aku nggak tahu maksudnya apa? Tapi mereka bilang, semakin hari, aku semakin pintar menulis. Tulisan ku semakin diminati oleh orang-orang. Dan satu hal yang membuat ku merasa tersanjung, mereka bilang ingin belajar menulis novel dengan ku. Hahaha...gila ya. Aku bahkan belum merampungkan satu novel pun. Tulisan ku masih sering terbengkalai. Dan aku merasa tulisan ku, tak begitu bagus. Tapi mereka bilang, kalo aku terus belajar, mungkin akan menjadi lebih baik.

Yach, tentu saja aku akan belajar. Mereka nggak perlu mengingatkan, aku sendiri yang mendisiplinkan diri ku untuk itu. Karena itu adalah mimpi ku. Bukan untuk menjadi seorang penulis populer, tapi merampungkan satu buah pikir ku itu jauh lebih menyenangkan.

Belakangan selama hiatus, aku baca-baca lagi tulisan ku dari awal, dan aku merasa surprise sendiri, ternyata benar, aku bisa menjadi lebih baik. Dan aku sadar apa yang membuat ku begitu mencintai dunia menulis ini, karena dengan menulis, aku bisa menjadi apa saja. Aku dapat mengenal bagian diri ku yang sunyi, terluka, kesepian dan gembira. "Dalam beberapa hal, tulisan mu ibarat sidik jari mu di dunia : lingkaran, kerutan, dan citra yang mengidentifikasi kamu sebagai kamu", begitu sebuah kalimat yang ku kutip dari sebuah buku.

Berikut ada 12 alasan kenapa kamu menulis yang juga aku kutip dari buku "Daripada Bete, Nulis Aja!!". Mungkin bermanfaat buat kita semua :
  1. Menulis membantu mu menemukan siapa diri mu
  2. Menulis dapat membantu mu percaya diri dan meningkatkan kebanggaan
  3. Saat menulis, kamu mendengar pendapat unik mu sendiri
  4. Menulis menunjukkan apa yang dapat kamu berikan kepada dunia
  5. Dengan menulis kamu mencari jawaban terhadap pertanyaan dan menemukan pertanyaan baru untuk ditanyakan.
  6. Menulis meningkatkan kreatifitas
  7. Kamu dapat berbagi dengan orang lain dengan kegiatan menulis
  8. Menulis memberi mu tempat untuk melampiaskan amarah/ketakutan, kesedihan dan perasaan menyakitkan lainnya
  9. Kamu dapat membantu menyembuhkan diri dengan menulis
  10. Menulis memberi mu kesenangan dan cara mengungkapkannya
  11. Menulis membuat mu lebih hidup
  12. Kamu dapat menemukan impian mu melalui menulis

Yach, ku rasa memang benar, itulah alasan ku menulis, mungkin kamu juga. So, yuk kita menulis. Nggak peduli itu cuma nulis di diary ataupun blog, yang penting kamu happy dan orang lain juga.

"Ketika kamu menulis, kamu menggunakan berbagai bagian otak yang berbeda. Saat proses terjadi, kamu tidak menyadarinya, kamu tidak mengetahui dari mana asal tulisan mu. Dan sewaktu membacanya kemudian, kamu berpikir, wow! Sayakah yang membuatnya? Itu bagaikan sebuah kejutan"
(Judy Blume)

----


Sumber : Buku "Dari Pada Bete, Nulis Aja : Panduan Nulis Asik Di mana sSja, Kapan Saja, Jadi Penulis Beken Pun Bisa"

27 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

setuju, Wit. semuanya benar. satu lagi : menulis membuat kita mengisi wkt dg hal berguna. utk diri sendiri dan orang lain yg membaca tulisan kita. apalagi bila tulisan itu memang berisi hal2 yg bersifat membangun.

kebookyut mengatakan...

hihi.. mirip ama tulisan keboo di quotes-today kemaren.. hihihi... iya keep writing!!!!

ika_SweetyOrange mengatakan...

Yuk,.. Jangan biarkan selembarpun kertas kosong nganggur... ayo menulis! (^_^)

Hdsence mengatakan...

salam,

yups menulis adalh kebutuhan untuk mencurahkan rasa yang sulit di ungkapkan,,

nice, met weekend..^_*

laurentina mengatakan...

Kalau dalam ajaran kuliah saya, menulis merangsang sel-sel memori di otak untuk menggali apa yang pernah kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan. Akibat dari proses mengingat itu, menulis membantu kita mencegah penyakit dementia alias kepikunan.

ajenk mengatakan...

menulis adalah hobbyku juga hahahhaha....

XOXO

elok langita mengatakan...

"Dalam beberapa hal, tulisan mu ibarat sidik jari mu di dunia : lingkaran, kerutan, dan citra yang mengidentifikasi kamu sebagai kamu", sukaaa kata kat iniiii...

menulis sama membaca kayak dua anak kembar siam yang engga bisa dipisahin... ^______^

so, kalau udah ngebaca wajib buat nulis..

kira mengatakan...

emmmmm, ajariiiiiiiiinnn
(sambil merengek-rengek)
hehehehehehehe
masih sulit buat saya,fiuh...

loopdreamer mengatakan...

ayo ayo semua... ayo kita nulis... hehehehehe

Mauren mengatakan...

aku aku aku, juga suka menulis :0

Abdul Malyk mengatakan...

belum bisa mencintai menulis sepenuhnya neh..
masih harus terus belajar..
mkasih mbak sudah mengingatkan..
semangat menulis..

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

betul bgt mabk wit,,, nulis bareng yuk hhooo ^O^

duniaira.blogspot mengatakan...

aku bangetttt!!!!!! tetep nulis yukkkkkkkkkkkk

minomino mengatakan...

keep writing :D :D :D

ا شين mengatakan...

wah jadi pengin nulis... :-)

Dark Mouzy mengatakan...

siph mba..jadi tambah semangat setelah blog sya terbengkalai selama setahun..thx bgt..
ini yang disebut dengan memberikan sesuatu kepada dunia..
salam kenal ya..

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

setuju banget ma quote-nya mbak judy tuh wid..
ikutan blajar ya..
semoga smakin sukses nantinya.. :)

sibaho way mengatakan...

quote dari Judy Blume itu sering saya rasakan :D
salam kenal...

inge / cyber dreamer mengatakan...

semangat untuk terus menulis...
semangat untuk terus berbagi...

Happy blogging ^^

nietha mengatakan...

tulisannya emang bagus mbak..salam

pt indonesia mengatakan...

Mungkin kemampuan menulis itu "bakat alam" alias talenta kali ya?

saya sebenarnya pengen bisa menulis, entah itu berupa cerita fiktif atau menyajikan sebuah artikel opini/ politik/ bisnis, tetapi seringkali mandek dan tidak selesai (finish)

kalau bisa menulis, apalagi novel, wah
....(¯`v´¯)
..... ·.¸.·´
...¸.·´
.. (
☻/
/▌♥♥
/ \ ..Cool ...:)

PuM2 mengatakan...

yuk... rame2 kita menulis di tembok.... eh salah... menulis di blog aja deh... soalnya lagi da gerakan menghemat kertas dmi menyelamatkan dan menghemat kayu sbg bhan baku kertas katanya....
okelah kalo begitu...

NaiCaNa mengatakan...

Setuju k'
Yukz mari menulis :)
Ajari aku menulis dong :p

NaiCaNa mengatakan...

Setuju k'
Yukz mari menulis :)
Ajari aku menulis dong :p

miera punyablog mengatakan...

blognya keren...

miera punyablog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
miera punyablog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.