06 Juni 2011

Copas Again

Hahaha... *ketawa duluan sebelum nulis*
Gw bukannya ikut-ikutan latah nulis tentang plagiator yang belakangan mendapat perhatian khusus dari teman-teman blogger, terutama  yang tulisan-tulisannya kena copypaste. Kayak Mbak Enno, Mbak Iwied, Mbak Gita dll. 

Dulunya karya gw juga pernah dicopypaste, semuanya lagi. Dari Header ampe isi. Gila. Saat itu gw dengan kerasnya memprotes sampai jor-joran di FB buat memperingatkan beberapa teman blogger yang karyanya juga dibajak. Kalo nggak salah, Mbak Iwied waktu itu juga termasuk. Sayangnya si pengecut itu malah kabooor and menghilang bersama blog kompilasi itu. 

Setelah kasus itu, gw pikir karya gw bakal aman. Secara belakangan gw jg jarang postingan apalagi BW. Tapi setelah melihat hal tersebut kembali mulai meresahkan warga *cieh kayak ketua RT lagi ngomong*, gw pun mulai mencari-cari, siapa tahu karya gw yang "luar biasa" *halah* ini juga diminati si plagiator. 

Dan ternyata.... BENAR. Karya gw pun sudah nangkring dengan manis disebuah blog. Bahkan, deskripsi blognya pun ngambil punya gw yang lama. Hadooooh....gw jadi nggak bisa berkata-kata saking "terharunya". Wish gw saat ulang tahun pun juga dicopypaste. 

Olala...ternyata gw sempat negor dia Tanggal 19 September 2010. Tapi di 25 Desember 2010 and 20 Januari 2011 dia ngambil lagi "TANPA IJIN". Walaaaah...ini anak nantangin kayaknya ya! >_<

Tapi gw nggak tahu harus bilang apa lagi sama orang kayak gini selain, "Belajarlah Menghargai Karya dan Kreativitas Orang Lain".

Yach, hanya himbauan-himbauan seperti itulah yang bisa gw lakukan kini. 

And sebagai seorang manusia yang tak luput dari khilaf dan dosa, tolong ingatkan juga jika sekiranya tanpa sengaja gw melakukan hal yang sama. Gw ini penulis awam, masih ingin belajar lebih banyak. Dan bukankah kita disini sama-sama belajar? 

So, Dear Plagiator, mari kita sama-sama belajar.

^_^ 

*****

Nah inilah dia beberapa karya2 gw yang dicopypaste. 


 dan ini yang gw punya :


Bagi siapa yang sering berkunjung ke blog gw, pasti tahu kesamaan Deskripsi blog dia dengan gw beberapa waktu yang lalu. Hanya saja sekarang sudah gw ganti. 

11 komentar:

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

kalo dicopas, ikhlaskan aja :D

Hoeda Manis mengatakan...

Kemarin2 kamu jarang update sih Wit, jadi dia mungkin ngira kalo blogmu udah gak aktif, trus nekat ngambil buat dibajak.

Memang susah kalau ngadepin plagiator, apalagi kalau karya kita yang dibajak. Yang suka plagiat kayak gitu sebenarnya bukan cuma blogger baru. Yang aku sayangkan, ada juga blogger lama (bahkan udah terkenal) tapi masih juga melakukan hal seperti itu. Ngambil artikel di koran, majalah dsb lalu diposting di blognya tanpa dikasih keterangan kalo itu bukan karyanya. Akibatnya para pengunjung blognya taunya itu emang karyanya. Bete kalo nemu blog yang kayak gitu!

yhas32 mengatakan...

Waduh, mbak Wiwit. Sampai segitunya dicopas :(... Entah gimana ya caranya supaya tulisan kita tidak mudah dicopas oleh orang.

Huda Tula mengatakan...

hmmm... hebat ya? tetep bisa kalem meski karyanya dah banyak yang dibajak.

soalnya baca di blog lain, sampai esmosi gitu (wajar).

honeylizious mengatakan...

salam kenal...

berarti itu fans berat tuh sampai ngopas tulisan kamu segala...

blognya hoeda tuh nggak bisa dicopas, coba diprotect juga...

hehhe

salam kenal dari Pontianak Kalimantan Barat

honeylizious mengatakan...

emang caranya gimana ya biar kita tahu tulisan kita dibajak?

frendy mengatakan...

weeww sorry dahh .. perasaan dulu ane dah pernah ke gepp dahh, terus minta maaf dah .. sekali lagi saya minta maaf buat COPAS nya .. maklum ane orang awam dimari ...

frendy mengatakan...

sekali lagi saya atas nama Frendy minta maaf buat COPAS nya ...

De mengatakan...

@ Ra-kun : klo udah terpajang di blog dia tentu saja kudu diikhlasin mesti dihati masih sedikit dongkol. hehe...

@ Hoeda Manis : iya, memang mengesalkan. tapi mau gimana lagi, plagiator udah menyebar dimana2... :(

@

De mengatakan...

@ honeylizious : hihihi...sbrnya iya jg sih. ada bangganya jg klo tulisanku dikutip ato dicopas. tandanya karya aku diakui and bikin dia tertarik tp tetep aja keseeeeel...

@ frendy : Ya, saya dulu pernah memperingati kamu. Tapi nggak didengerin. Jadi mohon maaf saja jika saya terpaksa mempublikasikan perbuatan kamu. Setidaknya dengan begini kamu bisa belajar menghargai hasil karya orang lain.
Soal maaf, saya sudah memaafkan :)

De mengatakan...

@ Huda Tula : hehe...mau gimana lagi. Marah2 pun orangnya gak ada didepan aku. Karyanya pun udah nyampe di blognya dia. So, sampai gw teriak2 pun percuma. Jadi dibawa kalem aja tetapi tetap tegas! :)