25 Februari 2010

Otak dan Kreatifitas

Berkunjung ke blog-blog sahabat, membuat ku berdecak kagum dan geleng-geleng kepala. Penuh ide dan kreatifitas. Baik itu tulisannya, temple maupun widget yang terpasang. Sempat termenung sesaat, kenapa mereka bisa sekreatif itu? Apa sih yang mendasari mereka?

Berawal dari pertanyaan konyol itu, makanya aku terpikir untuk mencari tahu dan menuliskannya disini. Butuh beberapa hari juga mencari informasinya, namun ternyata aku bisa menemukannya. Hehe...Yach, nggak begitu sempurna sih, tapi cukuplah untuk menambah ilmu teman-teman dengannya. Kali aja ada yang tertarik untuk menelitinya lebih lanjut.
---
Tahu otak kanan dan otak kiri kan? Tahu juga kan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan itu di fungsikan oleh otak? Tapi tahu nggak sih, otak mana yang berfungsi lebih banyak?

Otak manusia adalah organ yang dan dasyat tempat, tempat diaturnya proses berpikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian. Otak tersebut terdiri dari dua belahan otak (kiri dan kanan) yang disambung oleh segumpal serabut yang disebut corpus callosum. Kedua belahan otak tersebut berfungsi tugas dan responnya berbeda dan seharusnya tumbuh dalam keseimbangan.
Tugas otak kanan antara lain irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamun, warna, dimensi dan tugas tugas yang membutuhkan kesadaran holistik atau gambaran keseluruhan. Istilah-istilah populer yang memayungi kegiatan belahan otak kanan adalah Artistik, Kreatif, Naluriah.

Tugas otak kiri antara lain kata-kata, logika, angka, urutan, daftar dan analisis Istilah-istilah populer yang memayungi kegiatan belahan otak kiri adalah Akademik, Intelektual, Bisnis. 

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan dan kelemahan yang berkelanjutan dari keterampilan kortikal setiap orang lebih merupakan fungsi kebiasaan daripada desain dasar otak. Bila seseorang memiliki kelemahan pada area tertentu, kemudian dilatih maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut di area-area lain ikut menguat.
Contoh lain adalah keterampilan yang dimiliki otak kanan yaitu melamun yang sangat penting bagi ketahanan hidup otak. Melamun memberi istirahat yang sangat diperlukan kepada bagian-bagian otak yang melakukan pekerjaan analitis dan pengulangan, melatih pemikiran proyektif dan imajinatif dan memberi kita kesempatan untuk mengintehrasikan dan mencipta. Kebanyakan jenius besar menggunakan lamunan yang diarahkan untuk membantu mereka memecahkan masalah, menghasilkan ide dan mencapai tujuan.
Initinya adalah perlunya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Jangan mengandalkan salah satu sisi otak dan melalaikan sisi lainnya. Kebiasaan itu hanya akan mengurangi potensi otak secara keseluruhan. Jagalah otak dengan sebaik-baiknya, amalkan dan kembangkan kemampuan otak dengan hati dan rasio. Karna otak adalah perangkat organ yang tidak dapat dibandingkan dengan komputer manapun di dunia ini.

----

Ooo...gitu toh. Jadi para peserta di Autoblackthrough, Blackinnovationawards, dan lain sebagainya itu, otak kanannya terlatih banget dong, karna kreatifitas mereka toepe banget. Hehe...(lagi-lagi maksa nyelipin keyword).

Ya sudah. Sekian dulu Informasi tentang kreatifitasnya. Sedikit banyaknya ilmu ini pasti nyelip di otak kiri teman-teman yang mungkin nantinya menarik minat otak kanan untuk mengembangkannya.

Finally, aku ucapkan terimakasih kepada Djarum Black yang sudah membuat kompetensi kayak gini, yang mungkin sebagian orang berucap konyol, penuh dengan promosi. Tapi menurut ku pribadi, ajang ini adalah disamping untuk menjadikan generasi muda yang kreatif juga sebagai upaya untuk melatih olah pikir manusia  menjadi lebih baik, berwawasan dan terpelajar.
---

Berikut adalah artikel-artikel yang aku sertakan untuk Djarum Black Blog Competition Vol 2. Artikel yang memang terlihat konyol tapi sarat makna. Hihi...(muji diri sendiri).  
  1. Djarum Black Blog Competition VoL.2
  2. Gara-Gara Sebungkus Djarum Black
  3. Hitam Bukan Cuma Warna
  4. Dejavu  
  5. Mobil Idaman
  6. Breakdance n My B-Boy
  7. Sejarah Penemuan Mobil
  8. Revolution  
  9. Mau Touring? Kamu Kudu Tahu Yang Ini Dulu
  10. Edelweis  
  11. Bingung Bikin Ngelantur
  12. Belajar Dari Hal Sepele
  13. Penasaran : Di Sekitar Kita 
  14. Ngintip Yuk !!
  15. All About Rokok 
  16. I Know The Reason Why 
  17. Belajar Budaya : Randai 
  18. Pilih Yang Mana? Balapan Liar or Balapan di Circuit?  
  19. Priiiiiittt....Berhenti !!!
  20. Otak dan Kreatifitas 
Sebelum ajang ini ditutup, perkenan aku kasih ucapan buat dewan juri yang sudi meluangkan waktunya untuk membaca artikel-artikel ini. Anda boleh tersenyum, geleng-geleng kepala, mengernyitkan kening, kesal bahkan marah. Asal jangan komputernya aja yang dilempar, kalo nggak mau rugi. Hihi...

Terimakasih juga buat teman-teman yang sudah memberi kritikan, saran dan dukungannya. Kalo kalian suka dengan tulisan ku, boleh kok vote di sini.

Buat teman-teman peserta lomba, nggak perlu sedih, kalo ntar nggak menang. Apapun keputusan juri, tetap kita semua adalah yang terbaik. WE ARE THE BEST....Cahayoo....

8 komentar:

kebookyut mengatakan...

hehe.. yg penting komplit mbak..
wah, info yang berguna mbak.. melamunlah.. hehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, kerenn.semoga menang ya.

Syifa Ahira mengatakan...

ganti template ya wit?
biar lebih 'black' ya? hehe..
moga menang kompetisinya ya say
eh, kok ada takbiran wit?
lebaran masih lama bu..

Darin mengatakan...

hmm ya ya..
yg saya tau ya otak kanan bersifat bebas dan yang kiri kaku. Betul, semua harus seimbang, kalo ngga ya.. gimana tu ya :)

Mamat mengatakan...

Hi,hi.. Djarum black, penuh kreasi

Lilah mengatakan...

Bener mb...sahabat-2 ini memang semangat bgt buat mengembangkan & manfatin teknologi, beda ma aku..hy sekedar utk cerita-2 aja, ga bakat sih, hihi..

Wiwit mengatakan...

@ kebookyut :
ternyata melamun itu ada gunanya juga ya? jadi tahu kan?

@ mbak fanny :
amiin...semoga mbak

@ syifa :
hihi...itu widget takbiran lebaran kemarin, masih tinggal htmlnya. hihi..pasti semua pg bingung yah

@ darin :
kalo nggak seimbang, ya bisa dibayangin aja sendiri, bakal jadi siting kali ya. hihi...

@ mamat :
hehe...ya begitulah djarum black

@ lilah :
setiap org kan mempunyai tujuan yang berbeda mbak, ada yang rasa ingin tahunya besar bgt yang membuat mereka manfaatin teknologi buat mencari atau menambah ilmu, ada juga yng sekedar berbagi cerita, kayak mbak atau aku juga.

Fanda mengatakan...

Kalo aku kayaknya lemah di otak kiri. kalo dah soal itung2an dan daftar angka2, langsung sakit kepala deh..

Semoga sukses di kompetisinya ya!